Sasaran

implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan nasional

7. Wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir,bersikap,bertindak dalam rangka menghadapi,menyikapi,atau menangani berbagai permasalahan menyangkut kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

Implementasi wawasan nusantara sentiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut :

a. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik, akan menciptakan iklim penyelenggara negara yang sehat dan dinamis.

b. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi, akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata.

c. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan sosial budaya, akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui,menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan atau keBhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia Sang Pencipta.

d. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan hankam, akan menumbuh-kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia.

8. Sosialisasi atau pemasyarakatan wawasan nusantara. Pemasyarakatan wawasan nusantara tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut:

a. Menurut sifat/cara penyampaiannya, dapat dilaksanakan sebagai berikut :

1) Langsung : ceramah,diskusi,dialog,tatap muka.

2) Tidak langsung : media elektronik,media cetak.

b. Menurut metode penyampaiannya yang berupa :

 

sumber ;

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/