Sejarah Adanya Mesin Printer

Sejarah Adanya Mesin Printer

Sejarah Adanya Mesin Printer

Sejarah Adanya Mesin Printer
Sejarah Adanya Mesin Printer

Sobat Kumpulan Sejarah pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya printer bukan ?? Yaiyalah, hari gini gitu loh. Hampir semua pekerjaan yang kita lakukan saat ini baik itu kerjaan sekolah atau kantoran seperti mengetik, membuat tugas sekolah, membuat laporan dan lain sebagainya dibutuhkan yang namanya printer sebagai mesin yang menampilkan data dalam bentuk cetakan.

Nah, kali ini Kumpulan Sejarah akan sedikit berbagi informasi menarik seputar Sejarah Adanya Mesin Printer. Sejak kapan sih printer itu ada ? Bagaimana perkembangan printer dari masa ke masa ? Siapa penemu mesin printer pertama di dunia ? Alright, semua itu akan kita bahas secara lengkap hanya di kumpulansejarah.com.

Asal Usul Mesin Cetak

Teknik cetak-mencetak sendiri sebenarnya sudah mulai digunakan pada abad ke-14 oleh bangsa China dengan menggunakan Sistem Block Printing. Akan tetapi pada perkembangannya, tidak ada perubahan yang berarti jika dibandingkan dengan perkembangan mesin cetak di negara barat, dikarenakan alphabet China yang sulit diterapkan di mesin tik. Terobosan besar baru terjadi pada tahun 1440 ketika Johannes Guternberg dari Jerman, tepatnya dari Mainz menciptakan metode pencetakan dengan lebih sempurna.

Mesin Cetak Johannes Guternberg

Awalnya Guternberg membuat acuan huruf logam dengan menggunakan timah hitam untuk membentuk tulisan aksara latin. Kemudian Guternberg berhasil menggabungkan semua unsur mesin cetak seperti huruf cetak yang bergerak, prosedur penyetelan dan peletakan huruf-huruf yang sempurna, penggunaan tinta yang serasi untuk menghasilkan cetakan, dan penggunaan bahan cetakan semisal kertas sehingga menjadi sebuah mesin cetak yang lebih produktif. Dengan teknologi percetakan yang dikembangkannya, maka produksi buku dan bahan cetakan dapat dilakukan secara besar-besaran dan dalam waktu yang relative singkat. Jadi kelebihan mesin cetak terlihat dari segi produksinya.

Mesin Cetak sebagai Pendorong Kemajuan Zaman

Siapa yang tidak mengenal mesin cetak? Barangkali kemajuan ilmu pengetahuan tidak akan sepesat ini jika mesin cetak tidak pernah ditemukan. Penemuan mesin cetak merupakan salah satu penemuan yang revolusioner dan mengubah sejarah peradaban manusia karena dengan adanya mesin cetak segala informasi dan pengetahuan bisa diperbanyak dan disebarluaskan dalam tempo yang relative cepat.

Berbagai jenis buku, surat kabar, majalah, selebaran bahkan undangan tidak akan pernah ada tanpa adanya mesin cetak. Jika tidak ada mesin cetak, pengetahuan barangkali hanya di monopoli oleh segelintir orang saja karena tidak bisa disebarluaskan kepada khalayak luas.

Dengan demikian, pengetahuan yang diterima hanya berdasarkan aktivitas lisan dari mulut ke mulut yang berarti semakin besar resiko menyimpang dari aslinya karena sebuah informasi bisa ditambahkan atau dikurangi oleh sang penutur.

Dampak Penemuan Mesin Cetak

Sebelum ditemukannya mesin cetak, Eropa dan Asia merupakan dua benua yang memiliki kemajuan hampir sama. Akan tetapi setelah keduanya menemukan mesin cetaknya masing-masing, keduanya mengalami kemajuan yang berbeda. Eropa dengan penemuan mesin cetak Guternberg mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mungkin terkesan berlebihan jika kita menandai kemajuan bangsa dari sisi penemuan mesin cetak saja. Meskipun demikian, tak dapat dipungkiri jika penemuan mesin cetak itu telah membawa suatu perubahan dan makna yang sangat penting bagi kehidupan. Contohnya, saat ini kita semua bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi dalam bentuk buku.

Jadi kesimpulannya, dengan ditemukannya mesin cetak yang lebih sempurna oleh Guternberg , maka terjadi kemajuan yang sangat pesat dibidang Teknologi Komunikasi. Tentunya kita sebagai generasi muda harus pandai-pandai memanfaatkan segala teknologi yang sudah diwariskan oleh para penemu terdahulu. Tidak hanya memanfaatkan, tapi kita juga harus pandai untuk menjaga teknologi tersebut. Contoh saja printer, tentunya tidak mungkin mesin cetak ini tidak pernah mengalami masalah bukan? Dan jika ada masalah pada printer tersebut, tentu saja kita harus melakukan salah satu upaya dengan cara meresetnya.

Baca juga artikel: