Sejarah Kemunculan Penembak Jitu (Sniper)

Sejarah Kemunculan Penembak Jitu (Sniper)

Sejarah Kemunculan Penembak Jitu (Sniper)

Sejarah Kemunculan Penembak Jitu (Sniper)
Sejarah Kemunculan Penembak Jitu (Sniper)

Sobat kali ini kita akan menilik tentang asal muasal penembak jitu. Biasanya istilah penembak jitu dipakai dalam bidang militer. Untuk lebih lengkapnya yuk baca terus artikel kita tentang Penembak Jitu. Sobat ternyata istilah penembak jitu yang biasanya kita samakan dengan sniper (penembak merunduk) adalah sebuah kesalahan. Pasalnya beberapa doktrin membedakan antara penembak runduk (sniper) dengan penembak jitu (marksman, sharpshooter, atau designated marksman).

Sniper merupakan tim terlatih sebagai ahli stealth dan kamuflase, sementara penembak jitu tidak

Sniper juga merupakan bagian terpisah dari regu infanteri, yang juga berfungsi sebagai pengintai dan memberikan informasi lapangan yang sangat berharga, selain itu sniper juga memiliki efek psikologis terhadap musuh. Sedangkan penembak jitu tidak memakai kamuflase, dan perannya adalah untuk memperpanjang jarak jangkauan pada tingkat regu.

Biasanya jangkauan penembak jitu sampai 800 meter, sedangkan sniper bisa sampai 1500 meter atau lebih

Umumnya sniper menggunakan senapan runduk bolt-action khusus sehingga bisa menjangkau jarak sejauh itu. Sementara penembak jitu menggunakan senapan semi-otomatis, yang biasanya berupa senapan tempur atau senapan serbu yang dimodifikasi dan ditambah teleskop.

Revolusi Amerika menjadi moment awal kemunculan penembak jitu

Saat itu, Kompi senapan Amerika, yang dipersenjatai Pennsylvania/Kentucky Long Rifle, menjadi prajurit dalam Tentara Kontinental yang bertugas menjadi penembak jitu. Keakuratan mereka dalam menembak ternyata membuat banyak perwira Inggris yang harus mencopot lambang perwira mereka, agar tidak dijadikan target penembakan.

Selain Amerika, Inggris juga menjadi tempat kemunculan penembak jitu

Tepatnya Angkatan Darat Inggris pada era Napoleon yang dilatih menjadi penembak jitu. Mereka memang paling diandalkan dan berada di barisan terdepan saat terjadi pertempuran. Dengan alur khusus didalam larasnya, senapan ini jauh lebih akurat, walau pengisiannya lebih lama. Para pemakai senapan ini termasuk tentara elit Inggris, dan menjadi garis depan yang diandalkan pada banyak pertempuran.

Saat terjadi perang saudara di Amerika Serikat, penembak jitu juga dipakai untuk membunuh target-target yang akan menjadi mangsa. Mereka digunakan oleh kedua pihak yang berperang. Mengerikan bukan? Prajurit elit ini menggunakan teleskop sepanjang laras pada senapan Whitworth dan bisa membunuh tentara musuh pada jarak 300 yard, jarak tembak yang sangat luar biasa pada masa itu.

Demikian seklumit kisah kemunculan penembak jitu. Semoga tulisan ini bemanfaat untuk sobat semua.

Baca juga artikel: