Sejarah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

Sejarah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

Sejarah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

Sejarah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
Sejarah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk

Pada Tahun 1859, Perusahaan swasta Belanda, Firma L.I. Enthoven didirikan, Kemudian pada tahun 1950 oleh pemerintah Belanda Perusahaan tersebut diberi nama NV Overzeese Gas en Electriciteit Maatschapij (NV OGEM). Namun pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia mengambil alih kepemilikan Firma tersebut dan mengubah nama menjadi Penguasa Perusahaan Peralihan Listrik dan Gas (P3LG). Seiring dengan perkembangan pemerintahan Indonesia, pada tahun 1961 status perusahaan itu beralih menjadi BPU-PLN .

Pada tanggal 13 Mei 1965, berdasarkan peraturan Pemerintah No. 19/1965 perusahaan ditetapkan sebagai Perusahaan Negara dan dikenal sebagai Perusahaan Gas Negara (PGN). Kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1984, perseroan berubah status hukumnya dari Perusahaan Negara (PN) menjadi Perusahaan Umum (Perum) atau perusahaan layanan masyarakat. Setelah itu status perusahaan diubah dari Perum menjadi Perseroan Terbatas yang dimiliki oleh Negara berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 1994 dan Akta Pendirian Perusahaan No. 486 tanggal 30 Mei 1996 yang diaktakan oleh notaris Adam Kasdarmaji, SH. Dua tahun berselang, jalur pipa transmisi Grissik – Duri sepanjang 536 km selesai dibangun pada tahun 1998. Seiring dengan perubahan status perseroan menjadi perusahaan terbuka, anggaran dasar perusahaan diubah dengan Akta notaris No. 5 dari Fathiah Helmi, SH.

Tanggal 13 November 2003 yang antara lain berisi tentang perubahan struktur permodalan. Perubahan ini telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam surat Keputusan No. C-6467 HT 01.04. tahun 2003 tanggal 4 November 2003 dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia dengan No. 94 tambahan No. 11769 tanggal 24 November 2003.

Dengan peruabahan menjadi perseroan terbatas

PGN mendapat izin eksklusif untuk mengembangkan dan mendistribusikan gas di Indonesia. Di Tahun 2003, tepatnya 15 Desember 2003, PGN mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode transasksi “PGAS” dan jalur pipa Grissik – Batam – Singapura selesai dibangun dan diersmikan oleh Presiden Indonesia pada waktu itu dan Perdana Menteri Singapura.

Visi dan Misi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) TbkVisi Perusahaan

Menjadi perusahaan energi kelas dunia dalam pemanfaatan gas bumi.

Misi Perusahaan

Meningkatkan nilai tambah Perusahaan bagi stakeholder melalui: Penguatan bisnis inti di bidang transportasi, niaga gas bumi dan pengembangannya. Pengembangan usaha pengolahan gas. Pengembangan usaha jasa operasi, pemeliharaan dan keteknikan yang berkaitan dengan industri migas. Profitisasi sumber daya dan aset perusahaan dengan mengembangkan usaha lainnya.
Baca juga artikel: