Setelah saingan, pemain pasar sekunder Forge mengakuisisi SharesPost dalam kesepakatan tunai dan saham senilai $ 160 juta

Setelah saingan, pemain pasar sekunder Forge mengakuisisi SharesPost dalam kesepakatan tunai dan saham senilai $ 160 juta

 

Setelah saingan, pemain pasar sekunder Forge mengakuisisi SharesPost dalam kesepakatan tunai dan saham senilai $ 160 juta
Setelah saingan, pemain pasar sekunder Forge mengakuisisi SharesPost dalam kesepakatan tunai dan saham senilai $ 160 juta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahkan di tengah pandemi, ada perlombaan untuk menciptakan pasar sekuritas swasta global yang kuat di mana saham swasta diperdagangkan sebebas saham perusahaan publik di Nasdaq.

Dalam satu jalur adalah Carta, pembuat perangkat lunak manajemen tabel cap berusia delapan tahun dengan ambisi

besar untuk menciptakan semacam pasar saham perusahaan swasta, yang dikatakan oleh startup kepada Financial Times. debut musim panas ini.

Nasdaq sendiri dalam perlombaan, setelah mengakuisisi pada tahun 2015 broker saham swasta sebelumnya yang disebut SecondMarket. Sejak itu telah menggunakan bisnis Nasdaq Private Market untuk menyediakan perangkat lunak bagi perusahaan swasta dan dana investasi yang ingin melakukan penawaran tender atau pembelian kembali saham.

Sekarang, dua perusahaan lain yang telah lama bersaing satu sama lain bergabung untuk meningkatkan peluang bahwa mereka dapat bertahan dan mungkin berkembang melawan yang lain. Menunggu persetujuan peraturan, Forge,didirikan sebagai Equidate pada 2014, dan SharesPost, didirikan pada 2009, akan bergabung di bawah merek Forge setelah menyetujui kesepakatan tunai dan saham senilai $ 160 juta. (Perusahaan menolak untuk membagikan lebih banyak spesifikasi keuangan daripada itu.)

CEO Forge, Kelly Rodrigues, akan menjalankan perusahaan gabungan, sementara SharePost’s pendiri dan CEO Greg Brogger menjadi penasihat perusahaan dan bergabung dengan dewan direksi.

Forge telah mengumpulkan $ 109 juta hingga saat ini, termasuk perluasan putaran Seri B yang membantu membayar untuk akuisisi. SharesPost telah mengumpulkan $ 38 juta dari investor selama bertahun-tahun. Perusahaan gabungan akan memiliki hampir 200 karyawan di lima kantor, termasuk New York, San Carlos, San Francisco, South Dakota dan Hong Kong.

Jika ada PHK yang direncanakan, Forge belum membicarakan hal itu, dengan Rodrigues mengatakan kepada kami dalam pertukaran email tadi malam bahwa sampai kesepakatan ditutup setidaknya, entitas gabungan akan terus mengelola “sebagaimana adanya,” dalam hal orang dan lokasi.

Dia mengatakan dia berharap bahwa SharePost – yang akan berkontribusi di mana saja dari 25% hingga 30% dari

pendapatan Forge di masa depan – akan melengkapi gambarannya. Sementara Forge telah mencoba untuk membuat terobosan dengan investor institusional, SharesPost berfokus pada melayani kebutuhan investor individu. “Dengan bersatu, kami dapat memenuhi kebutuhan pasar secara optimal,” kata Rodrigues.

Faktanya, Rodrigues tidak terdengar terlalu khawatir tentang bagaimana Forge dapat secara efektif bersaing maju melawan Carta dan Nasdaq, belum lagi pakaian lain seperti EquityZen dan pemain lain yang secara aktif membeli dan menjual saham sekunder, seperti Industry Ventures dan Scenic Advisement.

“Akan ada banyak model berbeda yang dibuat yang mencoba bersaing di sini,” kata Rodrigues. “Yang kami tahu adalah siapa yang menang harus memiliki skala; data terkaya dan transparansi paling dalam penetapan harga; dan platform teknologi untuk membuat perdagangan mudah, cepat dan yang melayani perusahaan swasta. Forge jauh di depan dalam hal semua ini. ”

Saingan seperti Carta mungkin memohon berbeda. Carta bernilai $ 3,1 miliar dalam putaran pendanaan hanya bulan ini dan berpendapat bahwa itu terbaik diposisikan sebagai pasar perusahaan swasta karena sudah menampung data pada ratusan startup yang menggunakan platformnya.

Either way, Forge telah memperkuat posisinya ketika mengejar pasar yang telah membengkak dalam ukuran selama dekade terakhir ini, karena lebih sedikit perusahaan yang memilih untuk go public.

Apakah COVID-19 dan dampaknya yang tiba-tiba pada pasar IPO – membekukannya dalam semalam dan tanpa

batas waktu – akan mengubah perhitungan untuk pendiri startup masih harus dilihat.

Tentu saja, orang dapat berargumen bahwa Airbnb dan pegawainya mungkin diposisikan lebih baik saat ini seandainya ia tidak menunggu waktu yang tepat untuk menjadi pakaian yang diperdagangkan secara publik.

Baca Juga: