Sifat dan Karakter Lembaga Pendidikan Islam

Sifat dan Karakter Lembaga Pendidikan Islam

Sifat dan Karakter Lembaga Pendidikan Islam

Berdasarkan data dan informasi sebagaimana tersebut

dapat di kemukakan beberapa sifat dan karakter lembaga pendidikan Islam sebagai berikut:

Pertama, lembaga pendidikan Islam bersifat holistik, terdidiri dari lembaga pendidikan informal, nonformal, dan formal. Bentuk pendidikan dapat diwakili oleh rumah, lembaga pendidikan nonforml dari masjid, sedangkan yang bersifat formal adalah Madrasah.

Kedua, lembaga pendidikan Islam bersifat dinamis dan inivatif, dinamakan dinamis, karena lembaga pendidikan Islam tidak terdapat pada satu bentuk saja, melainkan mengambil berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan ilmu dan keterampilan yang ingin dikembangkan. Dan dikatakan inovatif, karena lembaga pendidikan Islam selalu mengalami perubahan dan pengembangan yang tidak ada contok atau model sebelumnya.

Ketiga, lembaga pendidikan Islam bersifat resposif dan fleksibel, yakni senantiasa menyesuaikan diri atau tanggung jawab terhadap kebutuhan masyarakat, lembaga pendidikan Islam telah membuktikan salah satu sifat pendidikan Islam yang menerapkan prinsip belajar seumur hidup, dan belajar dimana saja.

Keempat, lembaga pendidikan Islam bersifat terbuka, yakni dapat diakses atau diigunakan untuk seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai latar belakang keahlian, status sosial, ekonomi, budaya dan lain sebagainya.

Kelima, lembaga pendidikan Islam berbasis pada masyarakat. Hal ini selain lembaga pendidikan Islam tersebut dapat digunakan seluruh masyarakat.Juga karena dibangun dan diadakan oleh seluruh masyarakat.

Keenam, lembaga pendidikan Islam religious. Hal ini terjadi semata-mata hanya mengaharapkan keridhaan Allah SWT.


Baca Juga :