Tips Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Tips Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Tips Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

 

Tips Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Budidaya Ikan Lele banyak peminatnya

Ikan lele memang termasuk ikan yang banyak peminatnya. Coba lihat di pinggir-pinggir jalan yang biasanya banyak sekali pedagang kaki lima yang menyajikan makan olahan dari ikan lele ini. Melihat banyak sekali orang yang gemar mengkonsumsi ikan lele tentu ternak lele bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Ikan lele juga tergolong hewan yang mudah untuk di budidayakan dan tidak terlalu membutuhkan banyak modal untuk memulai bisnis ini. Langsung saja kita simak beberapa tips untuk anda yang berminat untuk melakukan bisnis ikan lele.

Untuk memulai usaha ternak anda tentu perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang usaha yang akan anda tekuni mulai dari pemilihan bibit atau benih, pemijahan, dll.

Keunggulan Ternak Lele :

Sebelum anda melangkah lebih jauh dan menentukan pilihan untuk beternak lele ada baiknya untuk mengetahui beberapa keunggulan beternak lele yang diantaranya adalah:

1.Mudah dilakukan
2.Bisa dilakukan dengan modal seadanya
3.Bisa menggunakan kolam terpal yang akan memudahkan anda dalam mengatur ikan dalam kolam.
4.Proses panen yang mudah
5.Air dapat diatur dengan mudah
6.Ikan lele tergolong ikan yang gak gampang mati hal ini membuat anda mudah dalam memilih media kolam baik terpal maupun kolam beralas tanah sekalipun.

Keunggulan diatas lebih kepada ternak yang dilakukan di kolam terpal.

 

 

Tips Budiadaya Lele :

Setelah anda mengetahui keunggulannya sekarang kami akan memberikan langkah-langkahnya

1.Jumlah bibit
Hitung jumlah bibit yang akan anda budidayakan, ini bisa disesuaikan dengan modal dan luas kolam yang anda buat.

2.Perbandingan Luas Kolam
Untuk 100 ekor lele idealnya membutuhkan luas kolam 1m persegi dengan kedalam 1,5 meter. Selanjutnya tinggal disesuaikan dengan jumlah bibit lele yang akan anda tanam.

3.Ukuran Terpal
Siapkan terpal dengan panjang dan lebar sesuai dengan kolam galian yang anda buat. Jangan lupa pastikan ukuran terpal samping lebih lebar ke pinggir kolam sekitar setengah meter.

4.Masukan Air
Langkah terakhir, tinggal isikan air kedalam kolam terpal yang telah kita buat tadi. Air juga harus mengandung plankton yang akan jadi makanan lele kita nanti. Caranya dengan memasukkan pupuk kompos kedalam selam tiga hari. Setelah itu baru masukan ikan lele kedalam kolam.

 

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/