TUGAS MARKETING DALAM MELAKUKAN RISET PASAR

TUGAS MARKETING DALAM MELAKUKAN RISET PASAR

TUGAS MARKETING DALAM MELAKUKAN RISET PASAR

Seseorang yang bekerja sebagai

bagian marketing memiliki tugas untuk memikirkan dan merencanakan sebuah konsep hingga mendampingi sampai dengan eksekusi. Menjadi orang yang bekerja di bidang marketing, artinya seseorang itu harus memiliki ilmu yang luas dan bisa melihat garis besar dari suatu keadaan.

Sebelum membuat suatu produk untuk diperdagangkan, seorang marketing yang baik harus melakukan riset pasar. Riset pasar meliputi mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat, siapa target dari produk yang akan diciptakan dan bagaimana persaingan produk atau jasa serupa.

Mengapa riset pasar menjadi hal pertama yang dilakukan? Tentu saja, karena tujuan utama dari terciptanya suatu produk usaha yaitu untuk dinikmati konsumen.

Suatu riset pasar dilakukan untuk mencari tahu target pasar dari produk yang akan dipasarkan. Riset tersebut nantinya akan berguna untuk menentukan sebuah kombinasi strategi yang tepat mengenai penciptaan suatu produk ataupun kegiatan pemasarannya. Sehingga produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Riset pasar juga dilakukan untuk melihat berbagai celah peluang di masyarakat. Biasanya suatu riset dilakukan di wilayah tertentu atau secara luas dilihat dari lingkup nasional. Riset pasar bisa dilakukan dengan menggunakan internet tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk berkeliling ke banyak tempat untuk melihat keadaan di lapangan.

Biasanya diperlukan data primer yang bisa didapatkan melalui survei dan data sekunder yang didapat dari web BPS.

Sangat penting untuk diperhatikan, bahwa dalam melakukan suatu riset pasar jangan sampai terjadi asimetris informasi. Asimetris informasi merupakan suatu ketidaksempurnaan suatu informasi yang diperoleh dari sumber yang diragukan. Informasi yang digunakan sebagai panduan riset pasar haruslah informasi yang sebenarnya tanpa dilebih-lebihkan ataupun dikurangi.

Informasi yang sebenarnya akan menjadi sebuah awal dalam melakukan proses kegiatan marketing lainnya.

Riset pasar ini merupakan awal yang menentukan suatu usaha. Dengan dilakukannya suatu riset pasar, waktu, tenaga dan modal yang digunakan menjadi lebih hemat dan efisien. Dalam melakukan riset pasar, sebelum memulai usaha kita bisa memperhitungkan dan mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada.

Sehingga ke depannya kegiatan yang dilakukan menjadi lebih efisien dan tepat sasaran.


Sumber: https://office1.co.id/2020/04/28/neo-angle-apk/