Turunnya Kemampuan Produksi Hutan Akibat Kebakaran

Turunnya Kemampuan Produksi Hutan Akibat Kebakaran

Kebakaran hutan merupakan suatu sumber kerusakan yang biasa terjadi pada hutan produksi. Kebakaran hutan memberikan dampak negatif yang banyak daripada dampak positifnya..
Dampak negatif akibat kebakaran hutan yaitu terjadinya kerusakan pohon-pohon yang bernilai penting, kerusakan pada pertumbuhan tanaman muda termasuk bibit permudaan, kerusakan pada tanah, menurunkan kemampuan produksi hutan, kerugian karena rusaknya nilai rekreasi hutan, merusak makanan ternak, kebakaran dapat mengurangi fungsi lindung daripada hutan, merusak fungsi lain daripada hutan, dan merusak lingkungan hidup manusia.
Kita akan membahas bersama-sama pada bagian menurunkan kemampuan produksi hutan.
Produksi hutan yang mengalami penurunan menyebabkan berbagai hal, diantaranya yaitu kerusakan karena penggantian jenis-jenis vegetasi yang berharga oleh jenis-jenis vegetasi yang kurang berharga, kerugian karena berkurangnya tegakan pohon, dan kerugian karena penebangan terpaksa yang dilakukan sebelum pohon-pohon masa tebang.

Kerusakan karena penggantian jenis-jenis vegetasi yang berharga oleh jenis-jenis vegetasi yang kurang berharga

Akibat kebakaran hutan menyebabkan perubahan komposisi vegetasi dari suatu tegakan hutan. Keanekaragaman jenis pohon berharga yang lebih peka terhadap kebakaran dibandingkan dengan jenis kurang berharga.
Dimana hal ini memungkinkan terjadi bahwa semua jenis-jenis pohon yang sensitif terhadap api akan habis terbakar sedangkan yang kurang sensitif akan tetap bertahan sehingga seluruh areal tegakan hanya didominasi oleh jenis-jenis pohon resisten yang kurang berharga.
Kerugian karena berkurangnya tegakan pohon
Banyaknya peristiwa kebakaran yang sudah usai, sangat sulit didapatkan anakan baru dalam tegakan hutan. Dimana kebakaran mengubah kerapatan tajuk pohon mengurangi jumlah vegatasi yang ada dibawah pohon. Sehingga mengurangi kerapatan tegakan yang sangat diperlukan untuk produksi kuantitas dan kualitas pohon maksimum.
Kerugian karena penebangan terpaksa yang dilakukan sebelum pohon-pohon masa tebang
Ketika pohon ditebang sebelum mencapai daur periodik kayu mempengaruhi kualitas dan kuantitas yang rendah. Kebakaran  yang berlebihan mampu memberikan dampak negatif dalam hal melakukan tebangan tegakan pohon secara terpaksa.